Makanan yang Mengandung Omega-3 Paling Tinggi

Omega-3 dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung juga untuk kecerdasan otak. Ada berbagai jenis omega-3, yaitu ALA (Alfa-linolenat), DHA (docosahexaenoic acid) dan EPA (asam eicosapentaenoic). Dalam rangka mencapai kebutuhan tubuh untuk asupan Omega-3 yang memiliki banyak manfaat, anda bisa mengetahui dan mengonsumsi beberapa makanan yang mengandung omega-3 paling tinggi berikut ini :

makanan yang mengandung omega 3 paling tinggi
1. Makarel

Di negara-negara Barat, mereka umumnya diasap dan dimakan sebagai fillet saat sarapan. Kandungan Omega-3 nya sekitar 4107 mg dalam satu potongan, atau 5134 mg per 100 gram.

2. Salmon

Salmon adalah salah satu makanan yang paling pada gizi, termasuk Omega-3, magnesium, kalium, selenium dan vitamin B. Studi menunjukkan bahwa orang yang secara teratur makan ikan berlemak seperti salmon, memiliki resiko yang lebih rendah dari penyakit seperti mencegah penyakit jantung, demensia dan depresi. Kandungan Omega-3 nya, 4023 mg dalam setengah fillet, atau 2260 mg dalam 100 gram.

3. Cod Liver Oil (minyak hati ikan Cod)

Cod liver oil lebih dari suplemen daripada makanan. Seperti namanya, itu adalah minyak yang diekstrak dari hati ikan cod.

Tidak hanya adalah tinggi omega-3, Cod liver oil juga mengandung vitamin D dan vitamin A. Cukup konsumsi sesendok minyak ini, karena jika berlebihan justru akan membahayakan. Kandungan Omega-3 : 2664 mg dalam satu sendok makan.

4. Ikan haring

Ikan ini merupakan ikan berminyak yang berukuran sedang. Sering diasap atau dimasak, dan kemudian dijual sebagai makanan kalengan.

Ikan asap adalah makanan sarapan populer di negara-negara seperti Inggris, di mana disajikan dengan telur dan disebut kippers. Kandungan Omega-3 nya sekitar 3181 mg per fillet, atau 1729 mg per 100 gram.

5. Tiram

Pada kenyataannya, tiram mengandung seng lebih tinggi dari makanan lain. Sebagian tiram mentah 100 gram, mengandung 600% zinc, 200% tembaga dan 300% vitamin B12. Kandungan Omega-3 nya yaitu 565 mg dalam 6 tiram, atau 672 mg per 100 gram (3.5 oz).

6. Sarden

Sarden adalah ikan yang sangat kecil dan berminyak. Mereka umumnya dimakan dari kaleng yang dimasak instan.
Satu cangkir sarden menyediakan lebih dari 200% vitamin B12, dan lebih dari 100% untuk vitamin D dan selenium. Sedangkan kandungan Omega-3, sekitar 2205 mg per cangkir, atau 1480 mg per 100 gram.

7. Teri

Teri adalah kecil, yang sering dikeringkan. Mereka biasanya dimakan dalam porsi yang sangat kecil. Karena mereka rasa yang kuat, mereka juga digunakan untuk menambahkan rasa ke banyak hidangan dan saus, termasuk saus Worcestershire, remoulade dan Caesar.

Teri adalah sumber besar niasin dan selenium, dan ikan teri bertulang juga kaya akan kalsium. Selain itu, ia tinggi Omega-3 dengan kandungan 2113 mg per 100 gram .

8. Kaviar

Kaviar terdiri dari telur ikan, atau roe. Itu secara luas dianggap sebagai bahan makanan yang sangat mewah, dan paling sering digunakan dalam jumlah kecil sebagai penambah atau hiasan. Kaviar tinggi Kolin dan sangat rendah dalam asam lemak omega-6. Namun, ia memiliki kandungan Omega-3 sekitar 1086 mg per sendok makan, atau 6789 mg per 100 gram.

9. Biji rami

Biji rami adalah biji coklat sering digiling atau digunakan untuk membuat minyak sebagai suplemen. Biji rami juga sangat tinggi di serat, vitamin E, magnesium dan nutrisi lainnya. Mereka memiliki jumlah besar omega-6. Dan yang paling utama adalah, niji rami memiliki kandungan Omega-3 tinggi yaitu 2338 mg per sendok makan biji, 7196 mg per sendok makan minyak.

10. Kenari

Kenari sangat bergizi dan sarat dengan serat. Mereka juga mengandung jumlah tinggi tembaga, mangan, vitamin E, fenol, dan senyawa-senyawa tumbuhan penting lainnya. Di samping itu, ia juga memiliki kandungan Omega-3 yang tinggi yakni 2542 mg per ons atau sama dengan 7 buah kenari.

11. Kedelai

Kedelai merupakan sumber serat dan protein nabati yang baik. Mereka juga mengandung jumlah tinggi nutrisi lainnya, termasuk riboflavin, folat, vitamin K, magnesium, dan potasium.

Namun, kedelai juga sangat tinggi asam lemak omega-6, sehingga mereka tidak dapat diandalkan sebagai sumber omega-3 tunggal. Kita juga perlu untuk mendapatkan omega-3 dan omega-6 dalam kadar tertentu. Untuk Omega-3, kenari memiliki kandungan Omega-3 yang tinggi mencapai 1241 mg dalam setengah cangkir, atau 1443 mg per 100 gram.

Untuk mendapatkan manfaat dari Omega-3 yang salah satunya untuk bisa menjaga kesehatan jantung, anda tentunya bisa konsumsi beberapa jenis makanan dengan kandungan Omega-3 tinggi di atas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s