Tips Cara Menjaga Kesehatan Jantung Agar Optimal

tips cara menjaga kesehatan jantung

Gaya hidup yang sehat akan membuat jantung Anda lebih sehat, bukan hanya sekedar dari konsumsi obat penyakit jantung saja. Berikut ada 9 Tips Cara Menjaga Kesehatan Jantung Agar Optimal, di antaranya :

Berhenti Merokok

Jika Anda seorang perokok, sebaiknya mulai dari sekarang anda harus berhenti. Itu adalah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan jantung Anda. Karena, merokok adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung koroner. Setahun merokok, risiko serangan jantung sekitar setengah dari seorang perokok.

Bergerak aktif/olahraga

Aktif bergerak dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Hal ini juga dapat memberikan dampak positif pada suasana hati. Melakukan 150 menit aktivitas aerobik intensitas-sedang setiap minggu, atau dengan melakukan 30 menit aktivitas per hari pada lima hari seminggu. Atau mungkin anda bisa membiasakan diri dengan bersepeda ketika berangkat ke kantor.

Mengelola berat badan

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Tetap berpegang pada diet seimbang yang sehat, rendah lemak dan gula, perbanyak konsumsi buah dan sayuran, dikombinasikan dengan aktivitas fisik secara teratur.

Makan lebih banyak serat

Makan banyak serat untuk membantu menurunkan risiko penyakit jantung, setidaknya 30 gr sehari. Makan serat dari berbagai makanan, seperti roti gandum, gandum dan sereal gandum, kentang, dan beberapa buah serta sayuran.

Mengurangi lemak jenuh

Makan terlalu banyak makanan yang tinggi lemak jenuh dapat meningkatkan tingkat kolesterol dalam darah. Hal ini meningkatkan risiko penyakit jantung. Anda bisa mengonsumsi daging rendah lemak dan susu yang rendah lemak juga

Simak juga : Susu yang Baik dan Buruk untuk Penyakit Jantung

Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Makan setidaknya lima porsi berbagai buah dan sayuran per hari. Mereka merupakan sumber serat, vitamin dan mineral yang tepat.

Mengurangi konsumsi garam

Untuk menjaga tekanan darah yang sehat, Hindari menggunakan garam di meja dan mencoba menguranginya dalam masakan. Setelah Anda terbiasa dengan rasa makanan tanpa menambahkan garam, Anda bisa menghindarinya secara penuh.

Periksa label makanan-makanan tinggi dalam garam jika memiliki lebih dari 1.5g garam (atau natrium 0.6g) per 100g. Orang dewasa harus makan kurang dari 6g garam sehari atau sekitar satu sendok teh.

Makan ikan

Makan ikan setidaknya dua kali seminggu, termasuk minyak ikan. Ikan seperti makarel, sarden, tuna segar dan ikan salmon adalah sumber omega-3 lemak, yang dapat membantu melindungi tubuh terhadap penyakit jantung.

Hindari minum alkohol

Alkohol mengandung kalori yang Secara teratur minum lebih dari merekomendasikan NHS dapat berdampak nyata pada pinggang Anda. Cobalah untuk menjaga konsumsi minuman alkohol harian yang direkomendasikan untuk mengurangi risiko serius masalah dengan kesehatan Anda, termasuk risiko kesehatan jantung Anda.

Dengan mengikuti tips sehat di atas, anda bisa memiliki jantung dengan kinerja yang lebih maksimal. Bukan hanya itu, angka harapan hidup anda pun meningkat, karena penyakit jantung dikenal sebagai penyakit no.1 yang menyebabkan kematian di seluruh dunia.

 

:: Tips Cara Menjaga Kesehatan Jantung Agar Optimal ::

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s