Kandungan dan Manfaat Apel untuk Kesehatan

Apel memiliki banyak manfaat. Jumlah kandungan nutrisi dan mineralnya memang sangat tinggi. Selain dapat mencegah penyakit degeneratif seperti kanker, diabetes mellitus dan sebagai obat penyakit jantung, buah ini mampu membunuh infeksi virus.

Komponen penting dalam apel adalah pektin, yang ada sekitar 24%. Pektin akan membentuk gel ketika ditambahkan gula rentang pH tertentu. Pektin memainkan peran penting dalam pembuatan jus (sari buah), jeli dan acar. Selain itu, Apel juga dapat dibuat menjadi cuka. Untuk lebih jelasnya mengenai kandungan dan manfaat apel, berikut pembahasannya.

Kandungan dan Manfaat Apel

 

kandungan dan manfaat apel untuk kesehatan
Makan apel tidak hanya menjadi sehat dan ramping sehari, anda juga bisa mendapatkan kulit yang halus dan indah. Nutrisi berdasarkan tingkat tinggi zat-zat gizi dalam Apel terutama vitamin dan mineral.

Isi dari zat-zat nutrisi dalam 100 gram buah apel adalah : energi 58 kkl; 4 gr lemak; 3 gr protein; 14 gr karbohidrat; 900 IU vitamin A; 7 mg thiamin; 3 mg riboflavin; 2 mg niasin; 5 mg vitamin C; 0,04 mg vitamin B1; 0,04 mg vitamin B2; 6 mg kalsium; 3 mg zat besi; 10 mg fosfor ; dan 130 mg kalium.

Selain zat nutrisi-nutrisi yang disebutkan di atas, rahasia apel dalam membantu pengobatan penyakit, ada pada Karoten dan pektin. Karoten memiliki fungsi seperti vitamin A dan juga antioksidan berguna untuk mencegah serangan radikal bebas penyebab penyakit degeneratif. Pektin adalah salah satu fitur dari serat larut dalam air. Karena serat yang dalam bentuk gel, pektin dapat meningkatkan pencernaan dan mendorong saluran pembuangan limbah makanan.

Baca juga : 7 Manfaat Konsusmi Kol untuk Kesehatan

Pektin juga dikenal sebagai anti-kolesterol karena dapat mengikat asam empedu yang merupakan hasil akhir dari metabolisme kolesterol. Mendapat banyak asam empedu yang diikat pektin di luar tubuh, mendapatkan kadar kolesterolldl menurun sampai pada angka akhir. Selain itu, pektin juga dapat menyerap kelebihan air dalam usus serta menghilangkan racun dari usus.

Buah apel memiliki kadar gula yang sangat rendah. Ini berarti bahwa gula yang ditemukan secara alami dalam apel tidak akan menyebabkan kecepatan meningkatkan risiko diabetes. Apel juga bekerja untuk mengontrol insulin selama itu tidak berlebihan. Oleh karena itu, asupan Apel secara teratur dapat menjaga keseimbangan gula darah dan menurunkan kolesterol darah serta tekanan darah. Buah apel memiliki kesehatan nutrisi yang sangat berkaitan dengan zat-zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Dengan demikian, Apel layak untuk disebut sebagai dokter alami.

Manfaat Apel secara umum

1. menurunkan kolesterol darah
2. menurunkan tekanan darah
3. menstabilkan gula darah
4. meningkatkan kolesterol HDL (baik)
5. membunuh infeksi virus
6. Memperlancarkan pencernaan
7. mempertahankan kesehatan tulang belakang
8. anti-kanker
9. menjaga kesehatan hati

Bagaimana ? masih tah suka dengan apel ? anda yang tak suka apel, sebaiknya mulai belajar untuk mulai menyukai dan rutin konsumsi apel untuk kesehatan ! 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s