Setelah 67 Tahun, Baru Terdeteksi Jantung Bawaan

kondisi langka pada jantung

Hal mengejutkan datang dari seorang pria berusia 67 tahun asal Florida yang dinyatakan mengalami kondisi langka pada jantungnya sejak bawaan lahir, namun terdeteks baru-baru ini setelah ia menginjak usia 67 tahun.

Dokter ahli yang menanganinyapun takjub dan heran mengapa kondisi seperti ini justru terdeteksi ketika usia pasien sudah 67 tahun. Menurut sang dokter ahli tersebut, kondisi seperti yang dialami pria ini seharusnya bisa terdeteksi sejak ia kecil, terlebih gangguan jantung bawaan lain biasanya bisa mudah terdeteksi pada masa awal kehidupan.

Pria yang tidak disebutkan namanya ini mengalami kelainan jantung berlubang di dinding jantung yang membatasi 2 serambinya (ventricular septal defect), sehingga jantungnya hanya memiliki 2 ruangan (double-chambered right ventricle) yang merupakan sebuah kasus langka.

Baca juga : Perubahan Rambut Bisa Deteksi Penyakit Jantung

Kondisi yang tak terdeteksi bahkan si pria sendiri tak merasakan dampak apa-apa selama beberapa tahun ke belakang ini, kemungkinan akibat lubang yang sangat kecil. Namun ketika si pria mengalami kesulitan bernapas, ia langsung segera memeriksakan diri. Dokter pun menemukan suara detak jantung si pria yang tidak normal, sehingga dilakukan pemeriksaan lebih intensif dan hasilnya diketahui bahwa si pria mengalami salah satu gangguan jantung langka.

Rasa takut dan khawatir menghampiri si pria, namun dokter meyakinkan bahwa ia bisa menjalankan operasi untuk mengatasi masalah yang terjadi saat ini. Alhasil, setelah operasi sukses dilakukan, si pria bisa menjalani kehidupannya dengan normal kembali.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s