Saat Bersin, Jantung Berhenti Berdetak, Benarkah ?

jantung berhenti berdetak saat bersin

Banyak asumsi yang mengatakan ketika kita tengah bersin, jantung berhenti berdetak sejenak. Namun fakta tak menunjukan demikian dan itu hanya mitos belaka. lalu, apa yang sebenarnya terjadi ?

Bersin yang terjadi dimulai dari sensai menggelitik pada bagian hidung. Ujung saraf kemudian mengirimkan sinyal ke otak yang menandakan adanya faktor yang mengganggu di jalan napas. Kemudian otak mengirimkan sinyal pada tubuh agar mengeluarkan benda tersebut.

Tubuh pun bereaksi dengan menambil napas dalam serta menekan otot dada. Tekanan ini meningkat menuju bagian paru-paru, mata tertutup, dan bersin pun terjadi.

Saat bersin inilah, terdapat tekanan besar di dada yang bisa mengubah aliran darah yang otomatis akan mengubah detak jantung dan menimbulkan keterlambatan. Detak jantung yang lebih keras setelah bersin inilah yang menimbulkan kepercayaan bahwa saat bersin, jantung berhenti berdetak.

baca juga : obat jantung bocor anak

Nah, inilah alasan mengapa setelah bersin kita dianjurkan untuk memuji tuhan, karena bisa anda bayangkan. Bagaimana jika benda asing yang masuk tadi tak dikeluarkan dari saluran pernapasan lewat bersin ? sudah tentu di kemudian hari anda akan mendapatkan masalah pernapasan lain yang lebih serius.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s