Kurang Tidur Tingkatkan Risiko Sakit jantung

kurang tidur tingkatkan risiko jantung

Tidur yang cukup dan berkualitas menjadi kebutuhan penting bagi setiap orang. Bukan hanya untuk memperolah ketenangan, melainkan juga untuk mendukung kinerja organ tubuh agar bisa bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Saat kita kurang tidur, setiap bagian tubuh akan mengalami sedikit kesulitan dalam menjalankan fungsinya, sehingga akan berdampak pada munculnya gangguan kesehatan seperti Kurang Tidur Tingkatkan Risiko Sakit jantung.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh The European Journal of Preventive Cardiology, menunjukan bahwa kebiasaan beberapa hal yaitu tidur malam, diet, olahraga, membatasi asupan alkohol dan tidak merokok, dapat melindungi tubuh terhadap timbulnya sakit jantung (kardiovaskular).

Hal-hal sehat tersebut berhubungan langsung dengan penurunan risiko sakit kardiovaskular sebanyak 57%,dan penurunan kemungkinan terjadinya sebanyak 67%. Namun pada orang yang tidur selama 7 jam sehari ditambah dengan pelaksanaan kegiatan sehat tersebut, ternyata dapat mendapatkan angka 83% dalam mencegah sakit jantung. Pada ahli juga mengungkapkan bahwa tidur yang cukup sekitar 7-9 jam sehari.

Selain berhubungan dengan pencegahan risiko penyakit jantung, tidur yang cukup sesuai kebutuhan juga dapat berhubungan dengan memori, penurunan berat badan, serta mengurangi inflamasi (peradangan) di dalam tubuh yang dapat memicu penyakit kronis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s