5 Jenis Penyakit Jantung Bawaan

Penyakit bawaan merpkana salah satu penyakit yang cukup dikhawatirkan sebagian besar orang tua terhadap anak mereka. Hal ini dikarenakan penyakit bawaan cenderung bersifat lebih berbahaya dan sulit mendapatkan pengobatan terlebih jika penyakit bawaan yang terjadi ada di sekitar organ jantung.

Untuk lebih memahaminya, berikut ini kami informasikan mengenai 5 Jenis Penyakit Jantung Bawaan.

5 Jenis Penyakit Jantung Bawaan

jantung bawaan

VSD (Ventriculer Septal Defect)

VSD adalah kelainan jantung berupa lubang pada sekat antarbilik jantung yang menyebabkan kebocoran aliran darah pada bilik kiri dan kanan jantung. Kebocoran ini membuat sebagian darah kaya oksigen kembali ke paru-paru sehingga menghalangi darah rendah oksigen memasuki paru-paru. Bila lubangnya kecil, VSD tidak memberikan masalah berarti. Bila besar, bayi dapat mengalami gagal jantung. Terjadi pada 30% kasus.

ASD (Atrial Septal Defect)

Atrial Septal Defect (ASD) adalah terdapatnya lubang di antara dua serambi jantung atau terdapat hubungan antara atrium kanan dengan atrium kiri yang tidak ditutup oleh katup. ASD adalah adanya lubang atau defek pada sekat yang memisahkan atrium kiri dan kanan. Terjadi pada 5-7% kasus yang cenderung menyerang bayi perempuan.

PDA (Persisten Duktus Arteriosus)

Persisten Duktus Arteriosus adalah kegagalan menutupnya ductus arteriosus (arteri yang menghubungkan aorta dan arteri pulmonal) pada minggu pertama kehidupan, yang menyebabkan mengalirnya darah dari aorta yang bertekanan tinggi ke arteri pulmonal yang bertekanan rendah.

PS (Pulmonary Stenosis)

PS adalah penyempitan katup paru yang berfungsi mengatur aliran darah rendah oksigen dari bilik kanan jantung ke paru-paru. Hal ini akan mengakibatkan bilik kanan harus beekerja keras memompa darah, sheingga makin lama makin membesar.

TF (Tetralogi Fallot)

TOF adalah komplikasi kelainan jantung bawaan yang khas, dan melibatkan empat kondisi: Sekat bilik jantung berlubang (VSD), penyempitan katup paru (PS), bilik kanan jantung membesar (hipertrofi) dan akar aorta tepat berada di atas lubang VSD. Tetralogi of fallot paling banyak ditemukan dimana TOF ini menempati urutan keempat penyakit jantung bawaan pada anak setelah defek septum ventrikel, defek septum atrium duktus arteriosus, atau lebih kurang 10 % dari seluruh penyakit bawaan. 95% dari sebagian besar bayi dengan kelainan jantung tetralogi of fallot tidak diketahui, namun berbagai faktor juga turut berperan sebagai penyebabnya seperti pengobatan ibu ketika hamil, faktor lingkungan setelah lahir, infeksi pada ibu, faktor genetika dan kelainan kromosom.

Untuk mendapatkan solusi dari permasalahan penyakit bawaan ini, anda bisa beralih ke halaman Obat Jantung Bocor. Semoga bermanfaat đŸ™‚

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s